modofikasi Josytik

Posted: February 22, 2011 in Tutorial
Tags: , , , ,

Bikin Joystick untuk PES dan Street Fighter IV >

Halo semua.. :D

Karena aku tidak pintar membuat pendahuluan jadi mungkin langsung saja ke Topiknya.. :D

Awal cerita,, aku punya Joystick USB yang dah rusak tombol2 dan Analognya,, waktu hari libur daripada ngk ada kerjaan jadi Iseng iseng aku coba modifikasi Joystick yang rusak tadi supaya bisa dipake maen lagi soalnya males mau beli baru.. hehe..

Bahan Bahan dan Alat:

-> Acrilik dengan ketebalan 5mm ukuran 50cm X 20cm

-> Tombol tekan (biasanya dipake pada mesin2 Game di Game Center)

-> Analog joystick (biasanya dipake pada mesin2 Game di Game Center – di glodok banyak yang jual.. :D )

-> PCB joystick USB Bekas ( ambil dalemnya )

-> Kabel kabel

-> Solder dan Timah solder

Nah Kebetulan di Bengkel (bukan bengkel Otomotif sih) tempat kerjaku banyak bahan2 sisa,, mulai dari aku dapat sisa potongan Acrilik ukuran 5mm dengan Panjang dan lebar yang aku perkirakan cukup untuk bikin sebuah Joystick maka kemudian aku cari bahan lainnya seperti Analog Joystick dan tombol2 bekas..

Bahan Acrilik tadi kemudian di ukur dan diberi tanda lubang2 tempat tombol dan Analognya kemudian di Bor sesuai ukuran Diameter Tombol..

Setelah itu Acrilik di Lipat (ditekuk) agar bisa terbentuk menjadi seperti sebuah meja sederhana,, Untuk cara melipat Acrilik ini mungkin agak susah karena harus dilakukan dengan Alat.. Alatnya juga buatan tangan,, hanya dengan Kawat nikelin yang dibentangkan lurus diatas papan kayu kemudian diberikan Tegangan 12Volt DC 10 Ampere :D sehingga kawat tersebut panas membara,, nah kemudian Acrilik tersebut dipanggang diatas Kawat nikelin tadi.. setelah Acrilik panas langsung bisa ditekuk deh.. (Maaf,, agak ribet memang :D )

Setelah Acrilik di lubangi dan dilipat lalu Tombol2 dan Analog dipasang seperti foto diatas.. :)

Setelah terpasang Tombol dan Analognya, lalu dilakukan Wiring seperti terlihat pada Foto dibawah ini

Untuk penyambungan tombol tombol ke PCB Joystick USB mungkin perlu disesuaikan dengan Layout PCB-nya.. ikuti saja Jalur jalunya untuk masing tombol.. Karena yang aku buat ini hanya memakai 6 Tombol maka tidak semua fungsi Tombol pada Joystick USB terpakai semua.. yang aku gunakan hanya tombol tombol yang biasa dipake untuk Maen PES 2010 dan Street Fighter aja..

Setelah wiring selesai maka hasilnya seperti foto dibawah ini :) Maaf fotonya agak burem soalnya cuma pake Kamera VGA handphone :D

Selesai deh.. Saatnya untuk dicoba untuk Maen PES 2010.. 8)

Hehehe.. Masih berantakan soalnya belum di Finishing udah dicoba dulu buat maen.. :D

Sebenarnya kalo dihitung biaya pembuatannya berkisar 200rb karena harga Joystick Analognya agak mahal.. tapi karena aku pakenya dari bahan2 bekas sisa jadi ngk ada biaya.. :D

Kapten Jack
@Koc2.com

Leave a comment