Lembaga Bank Indonesia dan Fungsinya

I. Tujuan  Bank  Indonesia

Berbeda   dengan   Undang‐undang   Nomor   13   Tahun   1968   tentang   Bank Sentral   yang   tidak   merumuskan   secara   tegas   mengenai   tujuan   Bank Indonesia,   dalam   UU‐BI   secara   tegas   dinyatakan   dalam   Pasal   7   bahwa tujuan  Bank  Indonesia  adalah  mencapai  dan  memelihara  kestabilan  nilai rupiah  yang  merupakan  single  objective  Bank  Indonesia.  Kestabilan  nilai rupiah  yang  dimaksud  adalah  kestabilan  nilai  rupiah  terhadap  barang  dan jasa  yang  tercermin  dari  perkembangan  laju  inflasi  serta  kestabilan  terhadap mata   uang   negara   lain   yang   tercermin   pada   perkembangan   nilai   tukar rupiah  terhadap  mata  uang  negara  lain.

Perumusan   tujuan   Bank   Indonesia   dalam   bentuk   single  objective   ini dimaksudkan  untuk  memperjelas  sasaran  yang  akan  dicapai  dan  batasan tanggung  jawab  yang  harus  dipikul  oleh  Bank  Indonesia.  Hal  ini  berbeda dengan  tujuan  Bank  Indonesia  dalam  Undang‐undang  Nomor   13  Tahun 1968   tentang    Bank    Sentral    yang    dirumuskan    secara    umum    yaitu “meningkatkan   taraf   hidup   rakyat”.   Ketidaktegasan   perumusan  tersebut menimbulkan  implikasi  antara  lain  peran  Bank  Indonesia  sebagai otoritas tidak  jelas  dan  tidak  terfokus  bahkan  timbul  conflicting  karena  antara  tugas menjaga   kestabilan   nilai   rupiah   dengan   tugas   mendorong   pertumbuhan seringkali  tidak  dapat  berjalan  seiring.  Disamping  itu,  ketidakjelasan  tujuan juga  menjadikan  tanggung  jawab  terhadap  kebijakan  yang  diambil  tidak jelas.

II. Tugas dan Fungsi Bank Indonesia

Dalam  rangka  mencapai  tujuan  untuk  mencapai  dan  memelihara  kestabilan nilai  rupiah,  Bank  Indonesia  didukung  oleh  tiga  pilar  yang  merupakan   3 (tiga)  bidang  utama  tugas  Bank  Indonesia  yaitu  :

  • menetapkan  dan  melaksanakan  kebijakan  moneter,
  • mengatur  dan  menjaga  kelancaran  sistem  pembayaran
  • serta  mengatur  dan  mengawasi  bank.

Agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah tersebut dapat   dicapai secara efektif dan efisien, maka ketiga tugas tersebut harus diintegrasikan.

A. Fungsi dan Tugas menetapkan  dan  melaksanakan  kebijakan  moneter

Untuk  mencapai  tujuan  Bank  Indonesia  dalam  menjaga  kestabilan  nilai rupiah,  Pasal   10  UU‐BI  menegaskan  bahwa  Bank  Indonesia  memiliki kewenangan  untuk  melaksanakan  kebijakan  moneter  melalui  penetapan sasaran   moneter   dengan   memperhatikan   sasaran   laju   inflasi   serta melakukan  pengendalian  moneter  melalui  berbagai  cara  antara  lain  :

a.       operasi   pasar   terbuka   di   pasar   uang   baik   rupiah   maupun   valuta asing;

b.      penetapan  tingkat  diskonto

c.       penetapan  cadangan  wajib  minimum

d.      pengaturan  kredit  atau  pembiayaan

Cara-cara  pengendalian  moneter  tersebut  dapat  dilaksanakan  juga berdasarkan  prinsip  syariah.  Sasaran  laju  inflasi  ditetapkan  oleh  Bank Indonesia   atas   dasar   tahun   kalender   dengan   memperhatikan perkembangan dan prospek ekonomi makro. Penetapan sasaran laju inflasi   tersebut   terutama   dilakukan   dengan mempertimbangkan perkembangan   harga   yang   secara   langsung   dipengaruhi   oleh kebijakan  moneter.  Sasaran  laju  inflasi  yang  ditetapkan  oleh  Bank Indonesia  tersebut  dapat  berbeda  dengan  asumsi  laju  inflasi  yang dibuat oleh   Pemerintah   dalam   rangka   penyusunan   Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang didasarkan pada tahun fiskal.

1.      Peran  Bank  Indonesia  sebagai  Lender  of  the  Last  Resort

Sebagai  upaya  untuk  meningkatkan  efektivitas  pengendalian  moneter, Bank  Indonesia  juga  mempunyai  fungsi  lender  of  the  last  resort,  (Pasal 11)   yang    memungkinkan    Bank    Indonesia    membantu  kesulitan pendanaan  jangka  pendek  yang  dihadapi  bank.  Dalam  kaitan  ini,  Bank Indonesia   hanya   membantu   untuk   mengatasi   kesulitan   pendanaan jangka  pendek  karena  adanya  mismatch  yang  disebabkan  oleh  resiko kredit   atau   resiko   pembiayaan   berdasarkan   prinsip   syariah,   resiko manajemen,     atau     resiko     pasar.     Untuk     mencegah     terjadinya penyalahgunaan    kredit    atau    pembiayaan    dimaksud,    yang    pada gilirannya  akan  dapat  mengganggu  efektifitas  pengendalian   moneter, maka  pemberian  kredit  atau  pembiayaan  berdasarkan  prinsip  syariah dibatasi  selama‐lamanya  90  hari.

Disamping   itu,   kredit   atau   pembiayaan   berdasarkan   prinsip   syariah tersebut  harus  dijamin  dengan  surat  berharga  yang  berkualitas  tinggi dan  mudah  dicairkan. Yang   dimaksud   dengan   agunan   yang   berkualitas   tinggi   dan   mudah dicairkan  meliputi  surat  berharga  dan/atau  tagihan  yang  diterbitkan  oleh Pemerintah  atau  badan  hukum  lain  yang  mempunyai  peringkat  tinggiberdasarkan  hasil  penilaian  lembaga  pemeringkat  yang  kompeten  dan sewaktu‐waktu    dengan    mudah    dicairkan.    Apabila    kredit    ataupembiayaan  berdasarkan  prinsip  syariah  tersebut  tidak  dapat  dilunasi pada saat  jatuh  tempo,  Bank  Indonesia  sepenuhnya  berhak  mencairkan agunan yang  dikuasainya.

2.       Kebijakan  Nilai  Tukar

Pasal 12  UU-BI  menetapkan  bahwa Bank  Indonesia  melaksanakan kebijakan nilai tukar berdasarkan nilai tukar yang ditetapkan. Penetapan nilai tukar dilakukan oleh Pemerintah dalam bentuk Keputusan Presiden berdasarkan usul Bank Indonesia. Kewenangan Bank Indonesia dalam melaksanakan kebijakan nilai tukar ini antara lain dapat berupa :

a.       dalam   sistem   nilai   tukar   tetap   berupa   devaluasi   atau   revaluasi terhadap  mata  uang  asing

b.              dalam  sistem  nilai  tukar  mengambang  berupa  intervensi  pasar;

c.               dalam  nilai  tukar  mengambang  terkendali  berupa  penetapan  nilai tukar  harian  serta  lebar  pita  intervensi.

3.              Kewenangan  dalam  Mengelola  Cadangan  Devisa

Dalam  Pasal   13  UU‐BI  dirumuskan  bahwa  Bank  Indonesia  mengelola cadangan  devisa.  Dalam  rangka  pengelolaan  cadangan  devisa  tersebut, Bank Indonesia melaksanakan  berbagai  jenis  transaksi  devisa  serta  dapat menerima   pinjaman   luar   negeri.   Yang   dimaksud   dengan   cadangan devisa   adalah   cadangan   devisa   negara   yang   dikuasai   oleh   Bank Indonesia  yang  tercatat  pada  sisi  aktiva  Bank  Indonesia  yang  antara  lain berupa  emas,  uang  kertas  asing,  dan  tagihan  lainnya  dalam  valutas  asing kepada   pihak   luar   negeri   yang   dapat   dipergunakan   sebagai   alat pembayaran  luar  negeri.

Pengelolaan   cadangan  devisa  oleh  Bank   Indonesia   dilakukan  melalui berbagai   jenis   transaksi   devisa   yaitu   menjual,   membeli,   dan/atau menempatkan  devisa,  emas  dan  surat‐surat  berharga  secara  tunai  atau berjangka  termasuk  pemberian  pinjaman.  Dalam  melakukan  pengelolaan cadangan  devisa,  Bank  Indonesia  selalu  mempertimbangkan  3  (tiga)  azas utama   dengan   skala   prioritas,   yaitu   likuiditas (liquidity),   keamanan (security)  tanpa  mengabaikan  prinsip  untuk   memperoleh  pendapatan yang  optimal  (profitability).  Pinjaman  luar  negeri  yang  dilakukan  oleh Bank   Indonesia   adalah   pinjaman  luar   negeri   atas   nama   dan   menjadi tanggung   jawab  Bank   Indonesia   yang   semata‐mata   digunakan  dalam rangka  pengelolaan  cadangan  devisa  untuk  memperkuat  posisi  neraca pembayaran.  Pinjaman  dimaksud  dapat  dipantau  oleh  DPR  melalui  hasil pemeriksaan  keuangan  oleh  BPK.

4.               Penyelenggaraan  Survei

Untuk   melaksanakan   kebijakan   moneter   secara   efektif   dan   efisien, diperlukan  data/informasi  ekonomi  dan  keuangan  secara  tepat  waktu dan  akurat.  Untuk  memperoleh  data/informasi  tersebut,  Bank  Indonesia dapat  menyelenggarakan  survei  secara  berkala  atau  sewaktu‐waktu  yang dapat   bersifat   makro   atau   mikro.   Pelaksanaan   survei   tersebut   dapat dilaksanakan  oleh  pihak  lain  berdasarkan  penugasan  Bank  Indonesia.

Dalam    penyelenggaraan    survei,    setiap    badan    wajib    memberikan keterangan  dan  data  yang  diperlukan  oleh  Bank  Indonesia  atau  pihak lain  yang  ditugaskan.  Bank  Indonesia  atau  pihak  lain  yang  ditugaskan untuk  melakukan  survei  tersebut  wajib  merahasiakan  sumber  dan  data individual   kecuali   yang   secara   tegas   dinyatakan   lain   dalam   undang‐ undang  (Psl.  14)

B. Fungsi dan Peran dalam mengatur  dan  menjaga  kelancaran  sistem  pembayaran

Kewenangan   Bank   Indonesia   dalam   mengatur   dan   menjaga kelancaran sistem pembayaran diatur dalam Pasal  15 sampai dengan Pasal 23 UU-BI. Dalam rangka mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran,  Bank  Indonesia  berwenang  untuk  melaksanakan  dan memberikan  persetujuan  dan  izin  atas  penyelenggaraan  jasa  sistem pembayaran,  mewajibkan  penyelenggara  jasa  sistem  pembayaran untuk menyampaikan    laporan   kegiatannya   serta   menetapkan penggunaan alat pembayaran.

Persetujuan   terhadap   penyelenggaraan   jasa   sistem   pembayaran dimaksudkan  agar penyelenggaraan  jasa  sistem  pembayaran  oleh pihak  lain  memenuhi  persyaratan,  khususnya  persyaratan  keamanan dan  efisiensi.  Kewajiban  penyampaian  laporan  berlaku  bagi  setiap penyelenggara jasa sistem pembayaran. Hal ini dimaksudkan agar Bank Indonesia  dapat  memantau  penyelenggaraan  sistem  pembayaran. Penetapan alat pembayaran dimaksudkan agar alat pembayaran yang digunakan dalam masyarakat memenuhi persyaratan keamanan bagi pengguna.   Termasuk   dalam   wewenang   ini   adalah   membatasi penggunaan  alat  pembayaran  tertentu  dalam  rangka  prinsip  kehati-hatian. Dalam rangka pelaksanaan kewenangan tersebut di atas, Bank Indonesia dapat melakukan pemeriksaan terhadap penyelenggara jasa sistem pembayaran.

1.       Pengaturan   dan   Penyelenggaraan   Kliring   serta   Penyelesaian   Akhir Transaksi

Bank  Indonesia  berwenang  mengatur  sistem  kliring  antarbank  dalam mata  uang  rupiah  dan/atau  valuta  asing  yang  meliputi  sistem  kliring domestik  dan  lintas  negara  (Psl.  16). Penyelenggaraan  kegiatan  kliring  antarbank  baik  dalam  rupiah  maupun valuta  asing  serta  penyelesaian  akhir  transaksi  pembayaran  antarbank dilakukan   oleh   Bank   Indonesia   atau   pihak   lain   yang   mendapat persetujuan  dari  Bank  Indonesia  (Psl.  17  jo  Psl.  18).

2.               Mengeluarkan  dan  Mengedarkan  Uang

Sesuai   dengan   amanat   UUD   1945,   Bank   Indonesia   merupakan   satu‐ satunya  lembaga  yang  berwenang  untuk  mengeluarkan  dan  mengatur peredaran  uang  rupiah  (Psl.  20).  Termasuk  dalam  kewenangan  ini  adalah mencabut,  menarik  serta  memusnahkan  uang  serta  menetapkan  macam, harga,   ciri   uang   yang   akan   dikeluarkan,   bahan   yang   digunakan   dan penentuan  tanggal  mulai  berlakunya  sebagai  alat  pembayaran  yang  sah (Psl.  19).

Sebagai  konsekuensi  dari  ketentuan  tersebut,  maka  Bank  Indonesia  harus menjamin  ketersediaan  uang  di  masyarakat  dalam  jumlah  yang  cukup dan  dengan  kualitas  yang  memadai.  Uang  yang  dikeluarkan  oleh  Bank Indonesia  dibebaskan  dari  bea  meterai  (Psl.  21).  Bank  Indonesia  dapat mencabut  dan  menarik  uang  rupiah  dari  peredaran  dengan  memberikan penggantian   dengan   nilai   yang   sama (Psl.23).   Konsekuensi   dari ketentuan   ini   maka   Bank   Indonesia   harus   memberikan   kesempatan kepada  masyarakat  untuk  :

  • melakukan  penukaran  uang  dalam  pecahan  yang  sama  dan  pecahan lainnya;
  • melakukan  penukaran  uang  yang  cacat  atau  dianggap  tidak  layak
    untuk  diedarkan;
  • menukarkan  uang  yang  rusak  sebagian  karena  terbakar  atau  sebab lain  dengan  nilai  yang  sama  atau  lebih  kecil  dari  nilai  nominalnya yang  bergantung  pada  tingkat  kerusakannya.

C. Fungsi dan Peran dalam mengatur  dan  menjaga  kelancaran  sistem  pembayaran

Pengaturan  dan  Pengawasan  Bank  merupakan  salah  satu  tugas  Bank Indonesia  sebagaimana  ditentukan  dalam  Pasal  8  UU‐BI.  Dalam  rangka melaksanakan    tugas    ini,    Bank    Indonesia    menetapkan    peraturan, memberikan  dan mencabut  izin  atas  kelembagaan  dan  kegiatan  usaha tertentu   bank,   melaksanakan   pengawasan   bank,   serta   mengenakan sanksi  terhadap  bank   (Psl.   24).  Selain  itu,  Bank  Indonesia  berwenang menetapkan   ketentuan‐ketentuan   perbankan   yang   memuat   prinsip kehati‐hatian  (Psl.  25).

Berkaitan  dengan  kewenangan  di  bidang  perizinan,  Bank  Indonesia  :

  • memberikan  dan  mencabut  izin  usaha  bank;
  • memberikan   izin   pembukaan,   penutupan   dan   pemindahan   kantor bank;
    • memberikan  persetujuan  atas  kepemilikan  dan  kepengurusan  bank;
    • memberikan  izin  kepada  bank  untuk  menjalankan  kegiatan‐kegiatan
      usaha  tertentu  (Psl.  26).

Pengawasan  yang  dilakukan  oleh  Bank  Indonesia  meliputi  pengawasan langsung   dan   tidak   langsung (Psl. 27).  Bank   Indonesia   berwenang mewajibkan   bank   untuk   menyampaikan   laporan,   keterangan,   dan penjelasan  sesuai  dengan  tata  cara  yang  ditetapkan  oleh  Bank  Indonesia, dimana  hal  ini  dapat  dilakukan  terhadap  perusahaan  induk,  perusahaan anak,  pihak  terkait  dan  pihak  terafiliasi  dari  bank  apabila  diperlukan (Psl.  28).

Pemeriksaan   terhadap   bank   dilakukan   secara   berkala   maupun   setiap waktu   apabila   diperlukan   dan   dapat   dilakukan   terhadap   perusahaan induk,  perusahaan  anak,  pihak  terkait  dan  pihak  terafiliasi  dari  bank apabila   diperlukan.   Bank   dan   pihak   lain   tersebut   wajib   memberikan kepada  pemeriksa:

  • keterangan  dan  data  yang  diminta;
  • kesempatan  untuk  melihat  semua  pembukuan,  dokumen,  dan  sarana
    fisik  yang  berkaitan  dengan  kegiatan  usahanya;
  • hal‐hal    lain    yang    diperlukan    seperti    salinan    dokumen    yang
    diperlukan  dan  lain‐lain  (Psl.  29).

Bank  Indonesia  dapat  menugasi  pihak  lain  untuk  dan  atas  nama  Bank Indonesia   melaksanakan   pemeriksaaan   terhadap   bank   (Psl.   30)   Bank Indonesia  dapat  memerintahkan  bank  untuk  menghentikan  sementara sebagian   atau   seluruh   kegiatan   transaksi   tertentu   apabila   menurut penilaian  Bank  Indonesia  transaksi  tersebut  diduga  merupakan  tindak pidana  di  bidang  perbankan   (Psl.   31).  Dalam  hal  keadaan  suatu  bank menurut  penilaian  Bank  Indonesia  membahayakan  kelangsungan  usaha bank   yang   bersangkutan   dan/atau   membahayakan   sistem   perbankan atau   terjadi   kesulitan   perbankan   yang   membahayakan   perekonomian nasional,  Bank  Indonesia  dapat  melakukan  tindakan  sebagaimana  diatur dalam  undang‐undang  tentang  Perbankan  yang  berlaku  (Psl.  33).

  • Pengalihan  Tugas  Pengawasan  Bank

Dalam  UU‐BI  ditetapkan  bahwa  tugas  mengawasi  bank  akan  dialihkan kepada   lembaga   pengawasan   sektor   jasa   keuangan   independen   yang dibentuk  berdasarkan  undang‐undang  selambat‐lambatnya  31  Desember 2002 (Psl.  34).  Tugas  yang  dialihkan  kepada  lembaga  ini  tidak  termasuk tugas  pengaturan  bank  serta  tugas  yang  berkaitan  dengan  perizinan. Lembaga   pengawasan   independen   ini   akan   melakukan   pengawasan terhadap   semua   lembaga   jasa   keuangan   seperti   bank,   asuransi,   dana pensiun,  sekuritas,  modal  ventura,  dan  perusahaan  pembiayaan  serta badan‐badan     lain     yang     menyelenggarakan     pengelolaan     dana masyarakat.

III. Dewan Gubernur

Dalam   melaksanakan   tugasnya   Bank   Indonesia   dipimpin   oleh   Dewan Gubernur  yang  terdiri  dari  seorang  Gubernur,  seorang  Deputi  Gubernur Senior,  dan  sekurang‐kurangnya  4  (empat)  orang  atau  sebanyak‐banyaknya 7  (tujuh)   Deputi   Gubernur   dengan   Gubernur   sebagai   pemimpin   Dewan Gubernur  (Psl  36  jo  Psl.  37).  Dewan  Gubernur  mewakili  Bank  Indonesia  di dalam   dan   di   luar   Pengadilan,   dimana   kewenangan   mewakili   tersebut dilaksanakan  oleh  Gubernur  (Psl.  39).

Gubernur   dan   Deputi   Gubernur   Senior   diusulkan   dan   diangkat   oleh Presiden  dengan  persetujuan  DPR.  Sedangkan  Deputi  Gubernur  diusulkan oleh  Gubernur  dan  diangkat  oleh  Presiden  dengan  persetujuan  DPR.  Untuk dapat  diangkat  menjadi  anggota  Dewan  Gubernur  harus  memenuhi  syarat antara  lain  berkewarganegaraan  Indonesia,  memiliki  akhlak  dan  moral  yang tinggi,   serta   memiliki   keahlian   dan   pengalaman   di   bidang   ekonomi, keuangan,  perbankan,  atau  hukum  (Psl.  40).

Anggota  Dewan  Gubernur  diangkat  untuk  masa  jabatan  selama   5   (lima) tahun   (Psl.  41).  Sebelum  memangu  jabatannya,  anggota  Dewan  Gubernur wajib  mengucapkan  sumpah  atau  janji  di  hadapan  Ketua  Mahkamah  Agung (Psl.  42).  Anggota  Dewan  Gubernur  tidak  dapat  diberhentikan  dalam  masa jabatannya  kecuali  karena  yang  bersangkutan  mengundurkan  diri,  terbukti melakukan  tindak  pidana  kejahatan,  atau  berhalangan  tetap  (Psl.  48)  Sebagai pimpinan  Bank  Indonesia,  Dewan  Gubernur  berwenang  untuk  mengangkat dan  memberhentikan  pegawai  Bank  Indonesia  serta  menetapkan  peraturan kepegawaian,  sistem  penggajian,  penghargaan,  pensiun,  dan  tunjangan  hari tua   serta   penghasilan   lainnya   bagi   pegawai   Bank   Indonesia (Psl. 44).

Disamping   itu,   gaji,   penghasilan   lainnya,   dan   fasilitas   Dewan   Gubernur ditetapkan  oleh  Dewan  Gubernur  (Psl.  51).

1.       Larangan  Bagi  Anggota  Dewan  Gubernur

Antara   sesama   anggota   Dewan   Gubernur   dilarang   mempunyai hubungan  keluarga  sampai  dengan  derajat  ketiga  serta  hubungan besan.  Jika  setelah  pengangkatan  terbukti  mempunyai  hubungan  atau terjadi   hubungan   keluarga   yang   dilarang,   maka   dalam   waktu 7 (tujuh)  hari  kerja  sejak  terbukti mempunyai  atau  terjadi  hubungan keluarga  tersebut,  salah  satu  diantara  mereka  harus mengudurkan diri.   Apabila   salah   satu   anggota   Dewan   Gubernur   tersebut   tidak bersedia   mengundurkan   diri,   maka   Presiden   menetapkan   kedua anggota  Dewan  Gubernur  tersebut  untuk  berhenti  dari  jabatannya (Psl.  46).

Anggota   Dewan   Gubernur   baik   sendiri   maupun   bersama‐sama dilarang  mempunyai  kepentingan  langsung  atau  tidak  langsung  pada perusahaan  mana  pun  juga,  merangkap  jabatan  pada  lembaga  lain kecuali  karena  kedudukannya  wajib  memangku  jabatan  tersebut  serta menjadi  pengurus  dan/atau  anggota  partai  politik.  Dalam  hal  anggota Dewan  Gubernur  melakukan  salah  satu  atau  lebih  larangan  tersebut, maka  anggota  Dewan  Gubernur  tersebut  wajib  mengundurkan  diri dari  jabatannya  (47)xcdc

2.       Perlindungan  Hukum  Bagi  Anggota  Dewan  Gubernur

Anggota  Dewan  Gubernur   dan/atau  pejabat  Bank   Indonesia   tidak dapat  dihukum  karena  telah  mengambil  keputusan  atau  kebijakan yang  sejalan  dengan  tugas  dan  wewenangnya  sepanjang  dilakukan dengan  itikad  baik  (Psl.  45).

Pengambilan   keputusan   dianggap   dilakukan   dengan   itikad   baik apabila:

  • dilakukan  dengan  maksud  tidak  mencari  keuntungan  bagi  diri sendiri,   keluarga,   kelompoknya   sendiri,   dan/atau   tindakan‐ tindakan  lain  yang  berindikasikan  korupsi,  kolusi  dan  nepotisme;
  • dilakukan  berdasarkan  analisis  yang  mendalam  dan  berdampak positif;
  • diikuti   dengan   rencana   tindakan   preventif   apabila   keputusan yang  diambil  ternyata  tidak  tepat;
  • dilengkapi  dengan  sistem  pemantauan.

Ketentuan  ini  dimaksudkan  untuk  memberikan  perlindungan  hukum atas  tanggung  jawab  pribadi  bagi  anggota  Dewan  Gubernur  dan/atau pejabat   Bank   Indonesia   yang   dengan   itikad   baik   berdasarkan kewenangannya  telah  mengambil  keputusan  yang  sangat  sulit  tetapi sangat  diperlukan  dalam  melaksanakan  tugas  dan  wewenangnya.

3.       Rapat  Dewan  Gubernur

Rapat    Dewan    Gubernur,    sebagai    suatu    forum    pengambilan keputusan   tertinggi,   diselenggarakan   sekurang‐kurangnya   sekali dalam   sebulan   untuk   menetapkan   kebijakan   umum   di   bidang moneter,   serta   sekurang‐kurangnya   sekali   dalam   seminggu   untuk melakukan   evaluasi   atas   pelaksanaan   kebijakan   moneter   atau menetapkan   kebijakan   lain   yang   prinsipil   dan   strategis   seperti kebijakan    di    bidang    pengaturan    dan    pemeliharaan    sistem pembayaran  serta  pengaturan  dan  pengawasan  bank.  Rapat  Dewan Gubernur  dinyatakan  sah  apabila  dihadiri  sekurang‐kurangnya  oleh lebih  dari  separuh  anggota  Dewan  Gubernur.

Keputusan  rapat  Dewan  Gubernur  dilakukan  atas  dasar  musyawarah untuk   mufakat,   dimana   apabila   mufakat   tidak   tercapai,   Gubernur menetapkan   keputusan   akhir.   Dalam   keadaan   darurat   dan   rapat Dewan   Gubernur   tidak   dapat   dilaksanakan   karena   kuorum   tidak terpenuhi,  Gubernur  atau  sekurang‐kurangnya  2  (dua)  orang  anggota Dewan  Gubernur  dapat  menetapkan  kebijakan  dan/atau  mengambil keputusan   yang   sangat   diperlukan   karena   apabila   tidak   diambil tindakan  tertentu  dapat  berdampak  negatif  baik  bagi  Bank  Indonesia maupun  bagi  pelaksanaan  tugas  Bank  Indonesia.  Kebijakan  dan/atau keputusan   ini   wajib   dilaporkan   selambat‐lambatnya   dalam   Rapat Dewan  Gubernur  berikutnya  (Psl.  43).

IV. INDEPENDENSI  BANK  INDONESIA

1. Yuridis

UU‐BI    merupakan    landasan    yuridis    bagi    independensi    BankIndonesia   dimana   dalam   UU‐BI   dimuat   berbagai   elemen   dariindependensi  Bank  Indonesia.  Elemen‐elemen  independensi  tersebutmeliputi  antara  lain  status  dan  kedudukan,  tujuan  dan  tugas  sertamanajemen  dan  personalia  Bank  Indonesia.

2. Personalia

Independensi    personalia    dalam    UU‐BI    ditunjukan    dalam    hal pengangkatan   anggota   Dewan   Gubernur   oleh   Presiden   dengan persetujuan   DPR.   Persyaratan   persetujuan   DPR   ini   penting   untuk menjaga   independensi   Bank   Indonesia   dari   intervensi   Pemerintah melalui  pengangkatan  anggota  Dewan  Gubernur.  Pengangkatan  oleh Presiden  di  sini  adalah  dalam  kapasitasnya  sebagai  Kepala  Negara dan   bukan   Kepala   Pemerintah.   Disamping   itu,   anggota   Dewan Gubernur   tidak   dapat   diberhentikan   oleh   Presiden   selama   masa jabatannya   kecuali   mengundurkan   diri,   berhalangan   tetap   atau melakukan  tindak  pidana  kejahatan.

3. Institusi

Bank  Indonesia  adalah  lembaga  negara  yang  independen  yang  dalam melaksanakan   fungsi   dan   tugasnya   bebas   dari   campur   tangan pemerintah   atau   pihak‐pihak   lainnya.   Secara   struktural,   Bank Indonesia  berada  di  luar  pemerintah  sehingga  dapat  mengeliminir adanya  intervensi  terhadap  pelaksanaan  tugas  Bank  Indonesia  baik yang   berasal   dari   pemerintah   maupun   pihak   lain.   Dalam   rangka pelaksanaan  tugasnya,  Bank  Indonesia  dapat  melakukan  kerja  sama dengan  bank  sentral  lainnya,  organisasi  internasional,  dan  lembaga internasional  serta  dapat  menjadi  anggota  pada  lembaga  multilateral, baik  atas  nama  Bank  Indonesia  maupun  mewakili  Pemerintah.

4. Tujuan

Dalam   UU‐BI   tujuan   Bank   Indonesia   difokuskan   pada   menjaga kestabilan  nilai  rupiah  yang  tercermin  pada  laju  inflasi  yang  rendah dan   kestabilan   nilai   tukar.   Dalam   mencapai   tujuan   ini,   Bank Indonesia    sepenuhnya    berwenang    untuk    menetapkan    sasaran moneter  dengan  memperhatikan  perkembangan  ekonomi  baik  dalam negeri  maupun  luar  negeri  serta  instrumen  yang  akan  digunakan.

5. Tugas

Independensi  dalam  pelaksanaan  tugas  tercermin  dari  larangan  bagi pihak  lain  untuk  melakukan  segala  bentuk  campur  tangan  terhadap pelaksanaan   tugas   Bank   Indonesia.   Bank   Indonesia   juga   wajib menolak  dan/atau  mengabaikan  segala  bentuk  campur  tangan  dari pihak  manapun  dalam  rangka  pelaksanaan  tugasnya.

6. Manajemen

Bank  Indonesia  dipimpin  oleh  Dewan  Gubernur  yang  sepenuhnya berwenang   dalam   menjalankan   organisasi   Bank   Indonesia   dalam rangka  mencapai  tujuan  yang  telah  ditetapkan  oleh  UU‐BI.

7. Anggaran

Independensi  dalam  bidang  anggaran  terlihat  dalam  ketentuan  Pasal 60 yang  menyatakan  bahwa  anggaran  Bank  Indonesia  ditetapkan  oleh Dewan  Gubernur.  Anggaran  harus  disampaikan  kepada  DPR  yang dimaksudkan  untuk  dapat  memantau  pengelolaan  kewenangan  Bank Indonesia  dalam  Ikhtisar  Undang‐undang  No.  23  Tahun  1999  tentang Bank   Indonesia   anggaran   serta   kepada   Pemerintah   sebagai   bahan informasi   berkaitan   dengan   surplus   atau   defisit   anggaran   Bank Indonesia.

8. Transparans

iSebagai   konsekuensi   dari   independensi   yang   dimilikinya,   maka dalam  pelaksanaan  tugasnya  Bank  Indonesia  dituntut  untuk  lebih transparan  dan  bertanggung  jawab.  Transparansi  dan  akuntabilitas ini  diwujudkan  dalam  pertanggungjawaban  kepada  publik  dimana Bank  Indonesia  wajib  menyampaikan  informasi  kepada  masyarakat secara  terbuka.  Bank  Indonesia juga  wajib  mengumumkan  laporan keuangan  tahunan  kepada  publik  melalui  media  massa.

V. AKUNTABILITAS

Dalam  UU‐BI  dianut  pertanggungjawaban  publik,  dimana  pada  setiap  awal tahun   anggaran   Bank   Indonesia   wajib   menyampaikan   informasi   kepada masyarakat   secara   terbuka   melalui   media   masa   mengenai   evaluasi pelaksanaan  kebijakan  moneter  tahun  sebelumnya  dan  rencana  kebijakan moneter   tahun   yang   akan   datang.   Informasi   tersebut   juga   disampaikan kepada  Presiden  dan  Dewan  Perwakilan  Rakyat.   Disamping   itu,  setiap   3 (tiga)  bulan  Bank Indonesia  wajib  menyampaikan  laporan  perkembangan pelaksanaan  tugas  dan  wewenangnya  kepada  Dewan  Perwakilan  Rakyat. Apabila   diperlukan,  Dewan   Perwakilan   Rakyat   dapat   meminta  Bank Indonesia  untuk  memberikan  penjelasan  mengenai  pelaksanaan  tugas  dan wewenangnya  (Psl.  58).

Anggaran  tahunan  Bank  Indonesia  harus  disampaikan  kepada  DPR  (Psl.  60). Bank  Indonesia  wajib  menyampaikan  laporan  keuangan  tahunan  kepada Badan  Pemeriksa  Keuangan.  Laporan  keuangan  tahunan  Bank  Indonesia diperiksa   oleh   Badan   Pemeriksa   Keuangan,   yang   hasilnya   disampaikan kepada   DPR.   Bank   Indonesia   juga   diwajibkan   untuk   mengumumkan laporan keuangan tahunan  kepada  publik  melalui  media  massa  (Psl.  61).

VI. Hubungan dengan Pemerintah

Tidak  berbeda  dengan  UU  Nomor   13  Tahun   1968  tentang  Bank  Sentral, berdasarkan  UU‐BI  Bank  Indonesia  juga  bertindak  sebagai  pemegang  kas pemerintah   (Psl.   52).   Disamping   itu,   atas   permintaan   Pemerintah,   Bank Indonesia  untuk  dan  atas  nama  Pemerintah  dapat  menerima  pinjaman  luar negeri,   menatausahakan,   serta   menyelesaikan   tagihan   dan   kewajiban keuangan  Pemerintah  terhadap  pihak  luar  negeri  (Psl.  53).

Pemerintah  wajib  meminta  pendapat  dan/atau  mengundang  Bank  Indonesia dalam   sidang   kabinet   yang   membahas   mengenai   masalah   ekonomi, perbankan   dan   keuangan   yang   berkaitan   dengan   tugas   Bank   Indonesia. Bank  Indonesia  juga  dapat  memberikan  pendapat  dan  pertimbangan  kepada Pemerintah  mengenai  Rancangan  Anggaran  Pendapatan  dan  Belanja  Negara serta   kebijakan   lain   yang   berkaitan   dengan   tugas   dan   wewenang   Bank Indonesia  (Psl.  54).

Pemerintah  juga  wajib  berkonsultasi  dengan  Bank  Indonesia  apabila  akan menerbitkan    surat    utang    negara.   Bank    Indonesia   dapat    membantu penerbitan   surat   utang   negara,   terutama   informasi   mengenai   pasar   dan waktu  penerbitan  surat  utang  tersebut.  Bank  Indonesia  dilarang  membeli untuk  diri  sendiri  surat  utang  negara  tersebut  di  pasar  primer  dan  hanya dapat  membeli  di  pasar  sekunder  yang  semata‐mata  hanya  untuk  tujuan pelaksanaan  kebijakan  moneter  (Psl.  55).

Salah   satu   perubahan   yang   penting   dalam   UU‐BI   adalah   larangan pemberian  kredit  kepada  Pemerintah.  Selama  ini  pemberian  kredit  kepada Pemerintah   ditujukan   untuk   memperkuat   kas   negara   dalam   mengatasi defisit   spending.   Dalam   UU‐BI   secara   tegas   dinyatakan   bahwa   Bank Indonesia  dilarang  memberikan  kredit  kepada  Pemerintah  karena  dianggap dapat  mengganggu  keutuhan  konsep  independensi  Bank  Indonesia  (Psl.  56).

Walaupun  Bank  Indonesia  merupakan  lembaga  yang  independen,  namun koordinasi  dengan  Pemerintah  yang  bersifat  konsultatif  tetap  diperlukan. Pemerintah   yang   diwakili   seorang   Menteri   atau   lebih   dapat   menghadiri Rapat  Dewan  Gubernur  dengan  hak  bicara  tanpa  hak  suara  (Psl.  43  ayat  (1) Hubungan  dengan  Pemerintah  juga  nampak  dalam  pembagian  surplus  dari hasil   kegiatan   Bank   Indonesia.   Sisa   surplus   Bank   Indonesia   setelah dikurangi   30%  untuk  cadangan  tujuan  dan   10%  untuk  cadangan  umum diserahkan   kepada   Pemerintah   dengan   ketentuan   terlebih   dahulu   harus digunakan  untuk  membayar  kewajiban  Pemerintah  kepada  Bank  Indonesia (Psl.  62).

VII. Ketentuan Hukum

1.               Produk  Hukum

Salah    satu    yang    menonjol    dalam    UU‐BI    adalah    ketentuan pelaksanaannya   diatur   dalam   Peraturan   Bank   Indonesia   yang mengatur   dan   mengikat   publik   serta   Peraturan   Dewan   Gubernur yang  mengatur  dan  mengikat  ke  dalam  Bank  Indonesia.  Penetapan Peraturan    Bank    Indonesia    dan    Peraturan    Dewan    Gubernur merupakan  bentuk  independensi  dalam  pembuatan  peraturan  yang berkaitan   dengan   pelaksanaan   tugas   Bank   Indonesia.   Dengan demikian   maka   dapat   dieliminir   intervensi   dari   Pemerintah   atau pihak  lain  melalui  peraturan  perundang‐undangan.

2.      Ketentuan  Pidana  dan  Sanksi  Administratif

Ketentuan  Pidana  dan  sanksi  administratif  diatur  dalam  mulai  Pasal 65 sampai  dengan  Pasal  72.  Tindakan  atau  perbuatan  yang  diancam dengan    pidana    dalam    UU‐BI    meliputi    pelanggaran    terhadap kewajiban   penggunaan   uang   rupiah   di   wilayah   RI,   pelanggaran terhadap  kewajiban  untuk  tidak  menolak  penggunaan  uang  rupiah, pelanggaran   atas   larangan   campur   tangan   terhadap   pelaksanaan ugas  Bank  Indonesia,  pelanggaran  kewajiban  untuk  menolak  campur tangan,  pelanggaran  atas  kewajiban  memberikan  keterangan  dan  data yang  diperlukan,  pelanggaran  atas  larangan  membeli  surat  berharga di  pasar  primer,  serta  pelanggaran  atas  rahasia  jabatan.

Pelanggaran   terhadap   ketentuan   kewajiban   penggunaan   Rupiah sebagai   alat   pembayaran   di   wilayah   RI   diancam   dengan   pidana kurungan  sekurang‐kurangnya  1  bulan  dan  paling  lama  3  bulan  serta denda  sekurang‐kurangnya  Rp.  2  juta  dan  paling  banyak  Rp.  6  juta (Psl.  65).  Setiap  orang  atau  badan  yang  menolak  rupiah  sebagai  alat pembayaran   di   wilayah   RI   diancam   pidana   penjara   sekurang‐ kurangnya  1  tahun  dan  paling  lama  3  tahun  serta  denda  sekurang‐ kurangnya  Rp.  1  miliar  dan  paling  banyak  Rp.  3  miliar  (Psl.  66).

Pelanggaran   terhadap   larangan   untuk   melakukan   campur   tangan terhadap  pelaksanaan  tugas  Bank  Indonesia  diancam  pidana  penjara sekurang‐kurangnya   2  tahun  dan  paling  lama   5  tahun  serta  denda sekurang‐kurangnya  Rp.  2  miliar  dan  paling  banyak  Rp.  5  miliar  (Psl. 67). Anggota  Dewan  Gubernur  dan/atau  pejabat  Bank  Indonesia  yang tidak  menolak  adanya  campur  tangan  pihak  lain  diancam  dengan pidana   penjara 2  tahun   dan   paling   lama 5  tahun   serta   denda sekurang‐kurangnya  Rp.2  miliar  dan  paling  banyak  Rp.  5  miliar  (Psl. 68).

Badan    yang    tidak    memenuhi    kewajiban    untuk    memberikan keterangan   dan/atau   data   yang   diperlukan   dalam   kegiatan   survei diancam  pidana  denda  paling  banyak  Rp.  50  juta  (Psl.  69).

Pelanggaran   terhadap   larangan   pembelian   surat   utang   negara   di pasar  primer  diancam  dengan  pidana  penjara  penjara   1  tahun  dan paling  lama   3  tahun  serta  denda  sekurang‐kurangnya  Rp.   6  miliar dan  paling  banyak  Rp.  15  miliar  (Psl.  70).

Pelanggaran   rahasia   jabatan   yang   dilakukan   oleh   anggota   Dewan Gubernur,  pegawai  Bank  Indonesia  serta  pihak  lain  yang  melakukan pekerjaan  tertentu  dari  Bank  Indonesia  diancam  pidana  penjara   1 tahun  dan  paling  lama  3  tahun  serta  denda  sekurang‐kurangnya  Rp.  1 miliar  dan  paling  banyak  Rp.  3  miliar.  Apabila  pelanggaran  tersebut dilakukan  oleh  badan,  diancam  pidana  denda  sekurang‐kurangnya Rp.  3  miliar  dan  paling  banyak  Rp.  6  miliar  (Psl.  71).

Disamping  ketentuan  pidana,  Dewan  Gubernur  dapat  menetapkan sanksi  administratif  kepada  pegawai  Bank  Indonesia  serta  pihak  lain yang   tidak   memenuhi   kewajiban   yang   ditentukan   UU‐BI.   Bentuk sanksi  administratif  tersebut  dapat  berupa  denda,  teguran  tertulis, pencabutan  atau  pembatalan  izin  usaha  serta  sanksi  disiplin  pegawai (Psl.  72).

VIII. Lain-Lain

1.       Pengalihan  Kredit  Program

Sesuai  dengan  konsep  yang  dianut  dalam  UU‐BI  dimana  suatu  bank sentral  yang  independen  harus  mempunyai  tugas  yang  fokus  yaitu memelihara  kestabilan  nilai  rupiah,   maka  tugas   pengadaan  kredit program   yang   selama   ini   dilakukan   oleh   Bank   Indonesia   akan dialihkan  kepada  BUMN  yang  ditunjuk  Pemerintah  dalam  jangka waktu   6  bulan  sejak  berlakunya  UU‐BI.  BUMN  tersebut  mengelola hasil  angsuran  dan/atau  pelunasan  pokok  dan  bunga  kredit  likuiditas sampai  dengan  berakhirnya  jangka  waktu  kredit  likuiditas  tersebut. Subsidi  bunga  kredit  likuiditas  yang  selama  ini  menjadi  beban  Bank Indonesia  menjadi  beban  Pemerintah  (Psl.  74).

2.               Pembatasan  Penyertaan  Modal

Sejalan  dengan  penetapan  single  objective  Bank  Indonesia  serta  agar dalam   pelaksanaan   tugasnya   Bank   Indonesia   lebih   menfokuskan pada  tujuan  yang  harus  dicapai,  dalam  UU‐BI  ditetapkan  mengenai pembatasan  penyertaan  modal  hanya  pada  badan  hukum  atau  badan lainnya   yang   sangat   diperlukan   dalam   pelaksanaan   tugas   Bank Indonesia  seperti  lembaga  kliring,  badan  pemeringkat  dan  lembaga penjamin  simpanan.

Kegiatan  penyertaan  modal  pada  badan  hukum  atau  badan  lainnya ini   harus   mendapat   persetujuan   dari   Dewan   Perwakilan   Rakyat. Dana  yang  digunakan  untuk  penyertaan  ini  hanya  dapat  diambil  dari cadangan  tujuan  (Psl.  64).

3.               Ketentuan  Divestasi

Dalam  jangka  waktu  paling  lama  2  tahun  sejak  UU‐BI  berlaku,  Bank Indonesia   wajib   melepaskan   seluruh   penyertaannya   pada   badan hukum   atau   badan   lainnya   yang   tidak   memenuhi   persyaratan “sangat  diperlukan  dalam  pelaksanaan  tugas  Bank  Indonesia”  (Psl. 77).

dokumen makalah
Manajemen perbankan Syariah
Program Diploma III Fakultas Ekonomi
Universitas Sriwijaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s