Prediksi RAM DDR 4 (penerus DDR3)

Posted: February 22, 2011 in Berita IT
Tags: , , , , , , , , , , ,

RAM DDR4 generasi mendatang

DDR3 telah hadir di sistem PC selama tiga tahun sudah? DDR3 masih memiliki dua tahun lagi sebagai raja memory sebelum DDR4 akan diperkenalkan, dan industri saat belum mengharapkan DDR4 sampai dengan tahun 2015.

JEDEC belum mengkonfirmasi standar DDR4 sampai tahun depan, tetapi sebagai lanjutan dari Tokyo MemCon terbaru 2010, Jepang website PC Watch telah menggabungkan peta jalan perusahaan beberapa memori apa yang mereka harapkan DDR4 tawarkan.

Tapi listrik masih meningkat?
Sepertinya kita harus mengharapkan diperkenalkan pada frekuensi 2.133 MHz dan akan skala lebih dari 4.2GHz dengan DDR4. 1,600MHz (10ns) masih bisa juga menjadi spec dasar untuk memutuskan DIMM yang membutuhkan keandalan, tapi diharapkan bahwa JEDEC akan menciptakan baru spesifikasi standar frekuensi DDR3 bisa jalan dengan 2.133 MHz (standar DDR4).

Prefetch diperluas untuk 16 bit (naik dari 8 bit dalam DDR3), ini berarti frekuensi sel internal hanya untuk skala yang sama seperti DDR2 dan DDR3 untuk mencapai target 4 + GHz.
Kelemahan dari skala frekuensi adalah bahwa tegangan tidak drop dengan cepat dan konsumsi daya meningkat relatif ke PC-133. DDR4 at 4.2GHz and 1.2V actually uses 4x the power of SDRAM at 133MHz at 3.3V. DDR4 pada 4.2GHz dan 1.2V 4x benar-benar menggunakan kekuatan SDRAM di 133MHz pada 3.3V. Untuk 1.1V and 1.05V saat ini sedang dibahas, yang membawa daya ke lebih dari 3x, tapi itu tergantung pada kualitas node manufaktur masa depan – merupakan faktor yang tidak diketahui.

Sementara 4.2GHz di 1.2V mungkin memerlukan 4x mencakup 2.75x dalam tegangan untuk peningkatan 32 kali lipat frekuensi: yang tampaknya seperti bisnis yang sangat mengubntungkan menempatkan bahwa terhadap evolusi menggunakan kekuasaan dalam kartu grafis perbandingan dan terlihat sangat menguntungkan.

Suatu area di mana desain ini mungkin menimbulkan masalah adalah komputerisai perusahaan. Jika Anda menggunakan banyak DIMM, jauh kekuatan yang lebih tinggi, panas tinggi dan biaya tinggi sangat tidak menarik dan boros duit. Lain halnya dengan DDR4 4.2GHz akan mencapai server terdekat anda, ingat kebanyakan server sekarang hanya menggunakan 1.066 MHz, sedangkan memori DDR3 antusias PC sekarang melebihi dua kali lipat.

Teknologi Server akan sedikit berbeda dan menggunakan switch digital performa tinggi untuk menambahkan slot DIMM tambahan per channel (seperti PCI-Express switch kita harapkan, tetapi dengan beberapa bentuk pencegahan kesalahan), dan harapan untuk digunakan dengan LR buffer terbaru teknologi-DIMM juga, meskipun topologi DDR4 yang mendasari akan tetap sama.

Ini adalah proses yang sama bus PCI melalui transisi dalam PCI-Express. DDR4 akan menjadi bus point-to-point dan paralelisme sedang bagian kiri dengan memory controller memori itu sendiri dengan saluran ganda.

Jika kita melihat pada soket mendatang LGA2011 Intel yaitu diduga menggunakan antarmuka quad-channel memori dan DIMM tunggal per channel, sekarang cukup jelas bahwa CPU masa depan dengan menggunakan socket ini memiliki kesempatan yang baik menggunakan DDR4, terutama karena LGA1366 telah memiliki terdefinisi dengan baik umur tiga tahun. Dalam DDR4 jangka waktu yang sama bisa melihat penerimaan pasar yang cukup besar sehingga itu merupakan langkah yang cerdas oleh Intel.

Pertanyaan besar tetap harus dijawab kemudian: apakah itu konsumeris (biaya) proses ramah dan seberapa baik untuk overclocking ? Kita harus menunggu sampel pertama dalam 2011-2012 untuk mencari tahu. :D ?(

BOSDOT
@Koc2.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s