Sebelumnya saya mau menjelaskan terlebih dahulu, mengapa saya melakukan flashing bios pada VGA baru saya tersebut..,

Cerita nya begini, pada suatu malam saya melakukan tes kestabilan pada VGA itu,
saya tes pake Furemark dan MSI kombustor selama 10 menit, tapi kok suhunya parah banget berkisar antara 98*C – 100*c
lalu pada malam itu juga, saya langsung berpikir kLo di VGA ini terdapat kejanggalan..,
dan ternyata memang benar.,
setelah di selidiki, semua itu terjadi karena kipas FAN VGA nya di Lock di 70% (sekitar 2800rpm),
semestinya Fan ini bisa berjalan 100% di (4000rpm).
namun apa daya bios nya telah dikunci oleh vendor Zotac nya sendiri.

saya pun mulai melakukan setting2 fan dari software2 overclock yg sering saya pakai,
misal MSI afterburner, Evga precision, Riva tunner, dll.
namun apa daya, fan tetep tidak bisa berjalan di atas 70 %

Akhirnya, saya memutuskan untuk merubah atau mem-flash bios nya., dengan menyetting fan agar bisa berjalan 100%.

Bagi temen2 yg memiliki permasalahan yg sama, berikut cara melakukan Flashing Bios VGA Nvidia Zotac Geforce GTX 460.

Perhatian :

FLASHING BIOS DAPAT MEMBUAT VGA ANDA MENJADI RUSAK SECARA PERMANEN, FIKIRKAN LAH DAN PAHAMILAH RESIKO YG AKAN TERJADI, BILA FLASHING BIOS ANDA GAGAL.

ADMIN TIDAK BERTANGGUNG JAWAB BILA TERJADI HAL-HAL YG TIDAK DI INGINKAN TERJADI PADA VGA ADAPTER ANDA.

PERCOBAAN INI BERHASIL SAYA LAKUKAN PADA VGA SAYA BERJENIS ZOTAC GTX 460 1GB, DAN SAYA TIDAK TAHU   APAKAH BISA DILAKUKAN PADA MERK VGA YG LAIN JUGA.

Baik, setelah memahami resiko nya, dan benar2 ingin mencobanya, berikut caranya :

siapkan terlebih dahuku mental anda.,
lalu siapkanlah alat-alat dibawah ini

1. USB boot utility dan boot files
2. Nvflash latest version
3. Nibitor, buat membackup dan memodifikasi bios anda
4. Bios GF100 Zotac GTX 460
5. sebuah flash disk berformat FAT32
6. yg pasti VGA Zotac GTX 460 nya jgn terlupakan🙂

 

ok, kita mulai langkah2 nya

1. download terlebih dahulu bahan2 diatas, semuanya sudah saya siapkan., silahkan download disini

2. extrract dalam satu folder.

3. buka folder nibitor, dan jalankan aplikasinya ,
– lalu,  pilih tool -> read bios -> select device, lalu pilih VGA anda, dan click ok
– lalu, pilih tool –> read bios –> read into files, simpan saja namanya dengan menggunakan nama ori.rom (untuk membackuip Bios VGA original anda)
– lalu, pilih tool –> read bios –> read into nibitor, lalu akan muncul beberapa setingan,
– lalu masuk ke tab Temprature, pada bagian fan speed, rubah setingan max fannya dari 70 % menjadi 100%
– lalu simpan settingan anda, click file –> save bios –> simpan namannya menjadi edit.rom
– tutup nibitor nya
——— sebenarnya saya sudah menyiapkan file yg telah berhasil saya gunakan di folder “bios berhasil”, tapi untuk meminimalisir terjadinya bad flashing, sebaiknya anda terapkan saja cara yg ketiga ini——————-

4. lanjut, colokan 1 buah flashdisk di kompuiter anda., salinlah dulu data-datanya, karena Flash disk ini akan di format
– buka folder usbmemkeyboot, instal programnya.,
– lalu jalankan programnya, pilih flash disk anda., pilih file sistemnya menjadi FAT32,  centang tanda quick format dan create a dos startup disk, lalu browse ke  folder (yg di dowsnload tadi) MSDOS System Files. dan klik ok, lalu format.

5. copy semua file yg ada di dalam folder nvflash, ke dalam flash disk,

6. copy juga kedua buah file bios, yg telah anda simpan dengan nama ori.rom dan edit.rom tadi kedalam flash disk juga.

7. restart komputer anda, dan jalankan boot dari usb.

8. setelah boot dari usb telah berjalan, makan akan muncul tampilan ms-dos
– lalu ketikan perintah seperti ini –> nvflash -protectoff, lalu tekan enter terus sampai muncul c:>
– lalu ketikan lagi perintah –> nvflash –eraseeeprom, lalu tekan y
– lalu ketikan lagi perintah –> nvflash -j -4 -5 -6 edit.rom, lalu tekan y
– setelah muncul tulisan bios update succes, lalu tekan alt+ctrl+delete

9. restart komputer, dan selesai.

10. lhat dengan software overclock, dan setel fan nya menjadi 100%

Pengalamn saya, setelah flash bios, kondisi VGA menjadi 10-12*C lebih dingin dari sebelumnya
ketika saya tes pake furmark, suhu turun drastis, yg sebelumnya sampai 100*C – sekarang mentok di 87*C selama 10 menit.

maaf, saya tidak menyertakan gambar pada postingan kali ini.,
selamat mencoba semoga berhasil.
terima kasih

Comments
  1. David says:

    Nice info guys,
    i’m not understand your language.
    But i mean step by step and tools them.
    I’m succesfully with edit.rom bios.
    My zotac gtx 460 fan speed run 100% and this temp not hot as before.
    Thanks

  2. devilmycry4 says:

    dan sekarang saya menggunakan bios GTX 460 Amp pada VGA tersebut…,
    jadi performanya bertambah secara signifikan😀

Leave a Reply

