Aliens vs. Predator – System Requirements Review

Posted: July 8, 2011 in PC Game Review
Tags:

Alien Vs Predator (AVP), salah satuΒ  game Firts Person Shooter (FPS) yang banyak ditunggu kehadirannya. Game yang sempat dicekal karena sistem permainannya yang tergolong sadis. Tidak heran jika kemudian game ini dilarang ‘berkeliaran’ di Australia.

Awalnya, game ini sempat diprediksi bakal hadir dalam sudut pandang orang ketiga, namun Rebellion Developments berkata lain. Game hasil kerja sama dengan Sega ini hadir bergaya FPS dengan cerita yang sedikit berbeda dari versi filmnya.

Permainan dimulai dari sebuah planet fiksi yang disebut BG-386. Tak disengaja, para manusia yang mengadakan penelitian di planet tersebut menjumpai sebuah piramida kuno yang sangat misterius.

Tanpa disadari, piramida yang terlihat sangat menyeramkan itu dihuni oleh sekelompok Alien yang telah lama tertidur. Seperti dalam versi filmnya, para manusia telah membuat makhluk ganas tersebut bangun dari tidur panjangnya.

Hal tersebut juga diketahui oleh para Predator, yang tak lain adalah musuh bebuyutan para Alien. Alhasil, para makhluk yang gemar berburu tersebut mengutus beberapa pemburu terbaiknya untuk memusnahkan Alien beserta manusia yang usil tersebut.

Di awal permainan, gamer dapat memilih ras mana yang ingin dimainkan. Baik Alien, Predator ataupun Marine (Manusia). Masing-masing ras memiliki alur cerita yang nantinya bakal bersinggungan. Tak hanya itu, sistem pertempuran pun bakal sedikit berbeda.

Misalnya ketika gamer berperan sebagai Predator. Karena sudah mengusung teknologi canggih, gamer pun tidak merasa kesulitan ketika diserbu para Alien ataupun marinir.

Berbeda ketika gamer berperan sebagai Marinir yang hanya mengandalkan senjata api. Serbuan Alien tampak sulit dilewati, terlebih lagi para mahluk ganas tersebut kerap hadir di dalam kegelapan.

Dengan menggunakan perangkat komputer yang mumpuni, memainkan game ini sangatlah menegangkan. Beragam suara seperti Alien yang merangkak di kegelapan, hingga jerit tangis para manusia yang menjadi korban memicu suasana seram yang menegangkan.

Hal tersebut diperparah dengan tempat-tempat seram dan gelap yang bakal dilewati pemain. Dijamin bermain game ini seorang diri bakal sangat menegangkan.

Gaya pembunuhan masing-masing karakter pun cukup bervariasi, dan inilah salah satu faktor yang cukup megesankan dalam AVP. Finishing Move untuk Preadtor misalnya, adegan tampak sadis dengan membelah Alien menjadi 2 bagian.

Grafis Baik Namun Kurang Mengesankan

Urusan grafis, Rebellion Developments mempersenjati AVP dengan engine Asura. Nama yang sangat jarang terdengar memang, namun bukan berarti membuat game ini terlihat buruk.

Justru sebaliknya, baik penampilan sosok manusia, Alien ataupun Predator berhasil digarap dengan baik. Tidak hanya itu, tatanan lingkungan pun dibuat sedemikian rupa hingga menyamai versi filmnya.

Meski tergolong baik, namun grafis game ini belum bisa dibilang mengesankankan. Pasalnya, meski digeber hingga resolusi 1920 X 180, game ini masih menyisahkan jagie — tepian yang tidak rata — pada setiap karakter.

Namun hal tersebut dapat terobati dengan beragam efek pertempuran yang dahsyat dengan gaya pembunuhan yang beragam. Jadi tidak heran jika game ini kemudian dikategorikan untuk gamer dewasa.

Kualitas Suara Nanggung

Tidak dipungkiri lagi jika AVP memiliki beragam efek suara yang patur dibanggakan. Pemain bakal mendengar jeritan ala Alien, ataupun dengkuran para predator dengan sangat baik.

Suara langkah pun digarap dengan serius oleh Rebellion Developments, dan hal inilah yang paling menambah suasa tegang di sepanjang permainan.

Namun sayang, tidak semua elemen dalam AVP memiliki kualitas suara yang baik. Misalnya, suara ledakan yang terdengar kurang menggelegar atau minimnya suara latar beberapa adegan.

Hal tersebut tentunya membuat game ini terkesan nanggung. Padahal secara keseluruhan game ini sangat menarik untuk dimainkan.

Alien vs Predator, tidak hanya berhasil menerjemahkan film layar lebar ke dalam sebuah permainan interaktif. Game besutan Sega ini juga memiliki sistem permainan yang cukup menarik, apalagi jika disandingkan bersama tatanan suara yang memadai.

Aliens vs. Predator Minimum System Requirements:
Operating System: Windows XP/Vista/7
RAM: 1 GB System RAM (XP)/ 2 GB System RAM (Vista)
Processor: 3.2 GHz Intel Pentium 4/Athlon 64 3000+ or equivalent processor
Video Card: DirectX 9.0c compliant video card with 128 MB RAM (NVIDIA 6600 or better, ATI X1600 or better)

Aliens vs. Predator Recommended System Requirements:
OPerating System: Windows XP/Vista/XP
Processor: Intel Core 2 Duo E6400 or equivalent processor
RAM: 2 GB System RAM
VideoCard: DirectX 9.0c compliant video card with 512 MB RAM (NVIDIA 8800 series, ATI HD2900 PRO or better)

Pesan Game Aliens vs. Predator
Klik disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s