Overload II Game PC Review

Posted: October 9, 2011 in PC Game Review
Tags:

Evil always find a way
Overlord II merupakan sequel game berjudul sama yang menjadi salah satu hits di console XBOX 360 tahun 2007 silam. Game ini masih bertema fantasy action adventure dengan sedikit bumbu RPG, yang meski agak kejam namun tetap disertai dengan humor-humor yang menghibur. Dalam Overlord II, telah hadir seorang Overlord baru beserta tentara Minions yang jauh lebih powerful untuk mengambil alih kekuasaan kerajaan dalam jalinan petualangan penaklukan wilayah dengan inspirasi dari kekaisaran Roma. [cut]

STORYLINE

Jika di game pertamanya itu kita awal peran kita dimulai dari dalam peti mati kini dalam sequelnya tidak lagi. Dalam kelanjutannya ini di awal game kita berperan sebagai seorang anak kecil, putra dari Overlord IV karakter pertama dari game Overlord bersama istrinya Rose.

Bocah ini di sembunyikan ibunya di kota Nordberg . Ia dikenal sebagai Overlad sedangkan penduduk menjulukinya sebagai The Witch-boy. Ia tinggal sendirian di pegunungan bersalju kota Nordberg dimana para penduduk desa sangat takut dan benci kepadanya. Bocah ini berteman dengan beberapa minions yang membantunya saat dia teraniaya oleh para penduduk desa. Ia tidak mempunyai teman kecuali seorang gadis cilik bernama Kelda yang mengetahui kemampuan si bocah.

Kota Nordberg kini dikepung dan dikuasai oleh pasukan Glorious Empire, pasukan militer yang dikirim oleh Emperor Solarius, yang menentang segala bentuk sihir. Rezim Glorious Empire, adalah rezim yang jahat yang memperoleh kekuatan paska kejatuhan Overlord pertama. Untuk menyelamatkan kota, penduduk kota Nordberg memberitahukan perihal Overlad.

Si bocah inipun akhirnya berusaha kabur setelah bertarung habis-habisan melawan pasukan kerajaan ia tiba di danau es, dimana disana ia menemukan makhluk raksasa Yeti, si bocah beserta minions dan Yeti kembali terlibat pertempuran di danau es hingga akhirnya ia dan Yeti mengalami kecelakaan. Si bocah bersama Yeti tenggelam dan membeku di danau es itu.

Para minions kemudian membawanya ke Netherworld, disana telah menunggu Gnarl, sang tetua para minion sekaligus penasihat Overlord pertama. Gnarl mencairkan bongkahan es yang membekukan dan kemudian menobatkan si bocah sebagai Overlord yang baru.

Setelah dewasa saatnya membalas dendam, dengan dukungan pasukan minions kini sang Overlord baru memulai langkah-langkah penaklukan wilayah. Di mulai di kota Nordberg, hutan para Elf hingga ibukota kerajaan Glorious Empire.
Musuh-musuh yang akan kita hadapi bersama pasukan minions tidak hanya dari pasukan Glorious Empire saja melainkan juga pasukan Barbarian, pasukan Elves serta berbagai makhluk-mahkluk gaib dengan kekuatan sihir. Tak ada yang sanggup menghadapi sapuan pasukan minions yang brutal sekaligus kocak ini.

Character

Fourth Overlord
Setelah ayahnya, the Third Overlord, terjebak dalam Infernal Abyss, ibunya, Rose, meninggalkan Tower karena ia berfikir disana bukat tempat yang tepat membesarkan anaknya, ia membawa si bocah dan menyembunyikannya di kota Nordberg. Beberapa tahun kemudian para minion kembali menemukannya hingga setelah terjadi insiden penyerangan pasukan kerajaan Glorious Empire mereka kembali membawa si bocah kembali ke Tower Netherworld dan menjadikannya Overlord baru, Fourth Overlord.

Gnarl
Gnarl adalah seorang brown Minion sekaligus tetua para Minion. Ia bertindak sebagai pembimbing dan penasihat Overlord.

Rose
Rose istri Third Overlord dan ibu dari Fourth Overlord.

Kelda
Kelda adalah perempuan teman sepermainan semasa kecil Fourth Overlord ia menjadi mistresses setelah Overlord menguasai Nordberg.

Juno
Juno juga adalah salah satu perempuan yang menjadi mistresses Fourth Overlord.

Queen Fay
Queen Fay, yang belakangan diketahui sebagai Dark Fay atau Ghost Fay (spoiler).

Florian Greenheart
Florian Greenheart adalah pria dari ras elven tang merupakan seorang soldier of the Sanctuary, dialah yang selama ini menyamar sebagai Emperor Solarius.

Marius
Marius adalah tangan kanan Emperor Solarius dari Glorious Empire.

Borius
Borius adalah saudara Marius ia menjabat sebagai imperial governor of Nordberg.

Gameplay

THE OVERLORD

Overlord dalam melakukan aksinya menggunakan armor set yang terdiri dari baju zirah, helm dan senjata (pedang, kapak, gada dll). Armor set ini bisa di upgrade di salah satu ruangan di Tower Netherworld. Lengan kirinya memiliki kekuatan magic berupa sengatan listrik, yang jika ditekan agak lama maka akan menyetrum lawan sedangkan bila dilakukan penekanan tombol dengan cepat dia akan memberikan effek ledakan-ledakan singkat yang sanggup melempar musuh.

Sebagaimana prequelnya Overlord adalah tuan dari para minion, ia bisa melakukan perintah apa saja dengan hanya menunjukan jari, memanggil minions berkumpul, maupun mengorbankan mereka untuk upgrade armor set.

Netherworld Heart Tower

Tower Heart Netherworld merupakan istana Overlord, seperti prequelnya, kita dapat melakukan berbagai hal disini :

a. Tempat berkomunikasi dengan Gnarl sang penasihat untuk langkah-langkah selanjutnya, serta sekaligus tempat teleport ke berbagai wilayah yang akan ditaklukan.

b. Mengupgrade dan mempercantik tower, ini dapat dilakukan dengan uang, serta berbagai item yang ditemukan dalam petualangan.

c. Mengupgrade Armor Set, dan menempa senjata baru. Dilakukan dengan sejumlah uang dan mengorbankan sejumlah minion yang sudah ditentukan jenisnya. Terdapat berbagai armor yang bisa kita gunakan dengan kemampuan masing-masing jenis armor yang berbeda.

d. Mengupgrade masing-masing jenis minions berdasarkan upgrade Tower serta menghidupkan minion lainnya.

e. Dalam Tower Heart Netherworld kita diperkenankan memiliki seorang nyonya, yang bisa diajak-ajak didalam kamar.

Domination route or Destruction route

Pada sequelnya ini tak ada lagi pembatasan keinginan untuk menjadi jahat atau baik seperti game pertamanya. Disini kita bebas melakukan apa saja, membunuh siapa saja apakah itu penduduk atau musuh maupun makhluk-makhluk tak berdosa seperti anjing laut. Meskipun nantinya akan ada percabangan cerita dimana kita akan dituntut untuk memilih salah satu pilihan Domination route atau Destruction route.

Penjelajahan wilayah sekarang tidak hanya sebatas daratan saja melainkan juga penjelajahan di wilayah perairan. Overlord beserta para minion nya kini bisa mengendalikan kapal. Mereka berlayar untuk menemukan wilayah-wilayah baru untuk ditaklukan.

Setiap wilayah pada umumnya memiliki habitat nya sendiri. Dan disertai dengan berbagai macam quest untuk kita selesaikan. Setiap penyelesaian quest dan pengumpulan berbagai item akan membuka berbagai upgrade di Tower Netherworld.

THE MINIONS

Minions dalam Overlord II tampil lebih cerdik, lebih brutal serta lebih lucu. Mereka siap dalam pertempuran kolosal menghadapi legion musuh yang terorganisir dengan berbagai taktik perang ala jaman Romawi. Dengan berbagai kemampuan uniknya mereka memporak-porandakan mental pasukan terlatih Glorious Empire.

Mereka akan melakukan apa saja yang diperintahkan oleh Overlord, seperti bertarung, membunuh, menghancurkan dan lain sebagainya. Kini selain bisa melengkapi diri dengan berbagai persenjataan dan item yang ditemukan sepanjang permainan, mereka juga memiliki kemampuan menunggang serigala dan makhluk lainnya. Di map Overlord II terdapat beberapa sarang serigala untuk ditunggai para minion.

Untuk meningkatkan jumlah pasukan minion maka setiap kita membunuh musuh, penduduk, elf ataupun berbagai makhluk seperti anjing laut, maupun makhluk kecil berjanggut seperti jenglot di area tertentu disepanjang permainan. Dengan melakukan ini maka kita dapat mensummon lebih banyak minion di lokasi yang disediakan. Para minion ini juga membantu dalam berbagai aspek dalam permainan seperti mengendalikan persenjataan artileri yang berhasil kita rebut dari pasukan musuh. Membantu mengumpulkan harta dan meruntuhkan kamp-kamp pasukan musuh.

Minions masih tetap hadir dalam empat tipe dasar dari unsur alam seperti prequel nya:

Coklat (unsur tanah) merupakan minion dengan kelebihan kekuatan, mereka menyelesaikan masalah dengan kekerasan saja.

Merah (unsur api) merupakan pasukan artileri, mereka memiliki kemampuan melemparkan bola-bola api.

Hijau (unsur udara) merupakan minion dengan kelebihan stealthy assassins, dengan kemampuan racun.

Biru (unsur air) tidak memiliki kemampuan bertarung yang bagus namun memiliki kelebihan dalam membangunkan para minion yang gugur.

Gallery Minions :

Graphic

Tampilan graphic terlihat mengalami peningkatan dari game pertamanya. Game ini dikembangkan dengan perbaikan dari engine game pertama yang dikembangkan oleh developer-nya Triumph Studios.

Secara struktur graphic game ini tidak men-support FSAA, Overlord 2 menggunakan Anisotropic Filtering pada high settings. Nvidia’s Physx juga terintegrasi dalam game ini.

Jika video option di set pada low quality kita akan melihat tampilan graphic yang agak pucat dan kurang mendetail. Selain itu kabut pada jarak tertentu akan terlihat pixel nya dengan jelas.

Kualitas visual akan meningkat tentunya bila pengaturan dinaikan, Shadows menjadi terlihat, textures menjadi lebih baik dan efek cahaya serta refleksi animasi air akan tampil cukup memukau dilayar.

Dengan maximal settings, Bloom effect dan distortion effect dekat animasi api akan aktif. Sebagai contoh, di tanah yang diselimuti salju akan memantulkan sinar. Secara umum dapat disimpulkan bahwa untuk high quality textures game ini memiliki visual graphics yang cukup menawan.



Perbandingan setting graphic pada Overlord II


Low


Middle


High

Perbandingan graphic Overlord dengan Overlord II


Overlord


Overlord II

Audio
Audio dalam game Overlord II cukup bagus. Kita dapat mendengar berbagai dialog dan effek suara senjata dan magic sengan sangat jernih. Game ini diiringi sejenis musik khas rakyat eropa. Music score juga ditampilkan sangat bagus mengiringi tempo permainan sesuai aksi yang sedang berlangsung. Secara umum dapat disimpulkan alunan tata suara secara keseluruhan game ini lebih emosional dari yang pertama.

Overlord II dikembangkan oleh Triumph Studios Netherland, game ini telah di umumkan pembuatannya sejak 13 Agustus 2008, dan pada 23 Juni 2009 kemarin game ini secara resmi telah dirilis untuk Games For Windows, Xbox 360 dan PLAYSTATION®3 system.

Selain Overlord II juga dirilis game spin-offs untuk Nintendo yaitu Overlord Dark Legend untuk Wii dan Overlord Minions untuk NDS.

Dari berbagai aspek, Overlord II merupakan game yang sangat layak untuk dimainkan dimana game ini terasa cukup menghibur dengan jalinan cerita yang cukup menarik untuk diikuti. Ditambah dengan gameplay yang seru dan area penjelajahan yang cukup luas.

Score 8/10 terasa sangat pantas untuk game dengan konsep unik seperti Overlord II.

Overlord 2: Minimal system requirements
• OS: Windows XP SP2 / Vista SP1
• CPU: Pentium D with 3.4 GHz or appropriate AMD processor
• RAM: 1 GiByte
• Graphics card: Geforce 6800 / Radeon X1800XT
• HDD: 1.5 GiByte

Overlord 2: Recommended system requirements
• OS: Windows XP SP2 / Vista SP1
• CPU: Intel Core 2 Duo or Athlon 64 X2
• RAM: 2 GiByte
• Graphics card: Geforce 7900 GTX or Radeon HD 2600 XT
• HDD: 1.5 GiByte
• Creative X-Fi

Pesan Game
klik disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s